Thursday 18 October 2012

Komik Topeng Kaca

Topeng Kaca (bahasa Jepang: ガラスの仮面 Garasu No Kamen) adalah sebuah manga yang mulai dikarang tahun 1976 oleh Suzue Miuchi. Manga ini diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo.

Sejak SD komik ini langsung "Nyess" di hati. Ceritanya yang seru selalu bikin ketagihan. Barangkali Ida (temen SD si empunya komik) sampai dongkol lantaran komik ini bolak-balik aku pinjam. Maklum, dulu gak boleh beli yang macam-macam jadi cuma bisa minjam.

Setelah tamat SD dan gak dekat lagi sama Ida, aku masih mengulang-ngulang baca Topeng Kaca di Taman Bacaan depan SMP Negeri 9 Palembang. Walaupun sebenarnya koleksi komik itu di sana lumayan gak lengkap. Dasar komik langka sih.

Komik ini memang bisa dibilang tuwir. Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1976, sudah ada 44 volume Topeng Kaca yang dikarang Suzue Miuchi. Tapi sampai sekarang serial ini belum juga berakhir. Karena itu, sempat tersebar rumor di kalangan penggemar bahwa Suzue Miuchi sudah meninggal.

Ketika SMA aku sibuk mencari komik ini di pasar loak, dengan harapan ada yang menjual lungsurannya karena bosan. Tapi sepertinya gak ada yang mau menyingkirkan komik ini dari hidupnya. Sampai sekarang aku baru nemu satu Topeng kaca; Syair Lidah Api yang dijual dengan harga 5 ribu di terminal Perumnas Sako Palembang.

Syukurnya, kini Elex Media mencetak ulang komik itu dengan edisi Deluxe. Setiap bulan Topeng Kaca menjadi menu wajib yang harus kubeli ketika mampir di Toko Buku. Walaupun sempat tertinggal, aku tetap semangat mengejar sampai Suzue Miuchi menamatkan serial ini.

Terdengar kabar, tahun 2008 lalu Miuchi meluncurkan kembali strip Topeng Kaca volume 43 di majalah Bessatsu Hana to Yume, suplemen bagi majalah dua bulanan Hana to Yume, sedangkan volume 44 diluncurkan pada bulan Agustus 2009. Miuchi juga telah mengumumkan bahwa ia bermaksud untuk menamatkan serial ini tidak lama lagi. Semoga saja.

Sinopsis:
Manga ini bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Maya Kitajima dalam meraih impiannya untuk menjadi seorang aktris di panggung teater. Dalam perjalanannya meraih impian, Maya mendapatkan saingan dari seorang aktris yang sebaya dengannya, Ayumi Himekawa, putri dari aktris terkenal dan ayah seorang sutradara dunia.

Sejak awal Maya naik ke atas panggung telah ada seorang penggemar setia yang selalu menyemangatinya di balik mawar jingga. Dan suatu saat akan diketahuinya bahwa penggemarnya selama ini adalah Direktur muda Daito (nama sebuah perusahaan besar), Masumi Hayami, yang selama ini dianggapnya paling kejam dan dingin dalam memperlakukan semua artis.

Persaingan Maya dan Ayumi mencapai puncaknya ketika memperebutkan hak pementasan Bidadari Merah (karya agung dalam dunia teater) dari aktris zaman dulu Mayuko Chigusa. Topeng Kaca juga menceritakan kisah cinta segitiga antara Maya, Masumi, dan Koji, lelaki yang pernah dekat dengan Maya dan masih mencintai Maya.

Komik Topeng Kaca Seri 01
Komik Topeng Kaca Seri 02
Komik Topeng Kaca Seri 03
Komik Topeng Kaca Seri 04
Komik Topeng Kaca Seri 05
Komik Topeng Kaca Seri 06
Komik Topeng Kaca Seri 07
Komik Topeng Kaca Seri 08
Komik Topeng Kaca Seri 09

Komik Topeng Kaca ini selanjutnya disusun dalam cerita sendiri seperti :
Syair Lidah Api
Sejuta Pelangi
Bayang-bayang Jingga
Bidadari Merah

Topeng Kaca

Maya Kitajima-Topeng Kaca

Topeng Kaca Deluxe


 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal