Tuesday 9 April 2013

Tool Gratis Bikin Komik

Niat banget pengen bikin komik... Tapi kalo gambar sendiri kayak si Win itu, belum sanggup. Gak ngerti apa-apa sama SAI. Nah, iseng-iseng kucari di Eyang Gugel (Eyang Ghaibnya Subur :P) dapet deh tool gratis bikin komik yang gampang. Ya, tapi kalo dibandingin manga, jauuuh :D

1. RageMaker
RageMaker adalah tools yang saya gunakan untuk membuat komik Rage diatas. Tools ini terdiri dari 2 versi, yaitu versi online dan versi software. Dengan RageMaker, anda bisa memilih berbagai karakter dengan ekspresi yang berbeda-beda. Ada juga tools untuk menambahkan teks, gambar, dll. Satu hal yang saya suka dari RageMaker adalah kemampuannya untuk memasukkan gambar kita sendiri, baik itu diupload dari komputer maupun langsung download dari internet.
Berikut ini adalah interface dari software RageMaker
5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah
Ingin membuat Komik Rage dengan RageMaker? Silahkan gunakan salah satu metode yang anda inginkan
Jika anda memilih mendownload software RageMaker, maka anda harus mendownload RageMaker Program dan RageMaker Image Pack. Install dahulu RageMaker Program kemudian baru install RageMaker Image Pack. RageMaker Image Pack ini berisi semua koleksi gambar Rage yang siap untuk digunakan.
2. Rage Builder
Masih dalam konteks tools untuk membuat komik Rage, Rage Builder bisa menjadi alternatif yang bagus selain RageMaker. Tetapi Rage Builder ini hanya tersedia secara online dan memiliki fitur yang lebih “miskin” daripada RageMaker. Yuk kita tengok interface dari Rage Builder..
5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah
Anda bisa menggunakan Rage Builder secara gratis
3. Bitstrips
Komik Strip sedikit berbeda dengan Rage. Jika Rage identik dengan berbagai karakter penuh ekspresi, maka tidak begitu dengan komik strip. Komik strip cocok digunakan untuk menceritakan suatu hal layaknya komik-komik yang biasanya kita kenal. Bitstrip adalah tool gratis yang bisa digunakan untuk membuat komik Strip.
Bitstrip ini dilengkapi dengan berbagai karakter, background dan properti berwarna-warni. Setiap karakter bisa anda atur posisi tubuh, tangan, kaki, hingga ekspresi wajahnya.
5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah
Bitstrip hanya bisa digunakan secara online disini
4. Strip Generator
Komik yang dibuat dengan strip Generator hampir mirip dengan komik Rage : sangat simple dan berwarna hitam putih. Tokoh-tokohnya pun sangat minim ekspresi dan tidak bisa dikontrol. Komik yang dibuat dengan tools ini cocok digunakan untuk komik lelucon atau candaan.
5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah
5. Pixton
Inilah tools terakhir tapi menurut saya merupakan tools yang terbaik. Dilengkapi dengan berbagai macam tokoh karakter yang berwarna-warni. Anda bisa membuat bermacam-macam komik berkualitas tinggi. Setiap tokoh bisa anda atur posisi tangan, kaki, badan, hingga ekspresi wajahnya. Pixton memiliki kontrol yang paling fleksibel dibandingkan keempat tools diatas. Pixton juga memberikan opsi Pixton+ untuk bisa menikmati semua fitur premiumnya.
5 Tools Gratis untuk Membuat Komik dengan Mudah
Kini anda bisa membuat komik sendiri dengan mudah dan gratis. 

ToonDoo bisa dikatakan pilihan tepat untuk kombinasi antara kreativitas nan fleksibel dan user friendly. Dengan tema "World's fastest way to create cartoons!" tool yang satu ini menyediakan fasilitas untuk membuat gambar kartun dengan cepat dan mudah. Kebanyakan hasilnya cukup memuaskan dan tajam. Meski banyak karakter dan benda-benda yang tersedia untuk dipakai, sobat juga dibolehkan untuk menggambar karakter yang sobat ingingkan dengan tangan sendiri dengan TraitR dan DoodlR untuk mewarnainya.
Berbeda dengan situs lain, di sini ada opsi untuk menyimpan proyek sampai mengkompilasi buku. Jika terhenti di tengah jalan, sobat bisa menyambungnya kapan saja.
Berbeda dengan situs-situs sebelumnya dimana para pengunjungnya diwajibkan menjadi anggota jika ingin menggunakan fasilitas yang ada, justru pada situs ini sobat tidak perlu melakukan register jika ingin menggunakan fitur-fitur yang disediakan. Cukup dengan menekan tombol Enter Here! Maka sobat dapat mulai membuat komik sendiri.
Ada 25 karakter yang bisa digunakan untuk mengisi dua, tiga, hingga empat panel comic strip. Sementara ini, MakeBeliefsComix sudah mendukung tujuh bahasa, yaitu english, spanish, french, german, italian, protuguese, dan latin. Hanya satu kekurangannya yang ada di website ini, yaitu mengenai warna. Sobat bisa menggonta-ganti warna latar backgroundnya, tetapi karakternya tetap hitam putih.

Yuk, mari sekarang kita coba bikin komik sendiri! Ganbatte!

Olahan dari: http://www.pusatgratis.com/layanan-online/5-tools-gratis-untuk-membuat-komik-dengan-mudah.html dan http://www.dark-devilz.com/2012/06/5-website-untuk-membuat-komik-strip.html#axzz2Pw6ErJC2

2 comments on "Tool Gratis Bikin Komik"

Anonymous said...

jiaaahh nomor 1,2 itu tuh komik 'meme' dari 9gag.com xD

Unknown on 20 April 2013 at 20:47 said...

:P

Post a Comment

 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal