Thursday 29 August 2013

Bikin Novel Romance yang Dicintai Penerbit

0 comments
Sejak hari minggu kemarin, rasanya tangan ini gatel banget pengen berbagi tips bikin novel romance yang dicintai penerbit ala editorku, Mas GRS di TL-nya. Tapi berhubung minggu tadi itu jadwal padat (harus kondangan ke nikahan 2 temen disambung lamaran camerku juga ^^) terus beberapa hari kemaren modem lemot banget, jadinya baru sekarang bisa kubagiin. Sekalian buat arsipku juga sih :D
 
Nah, katanya Mas GRS, tips ini berlaku untuk penerbit kebanyakan. Jadi bisa banget buat kita jadiin pegangan kalo mau lempar tulisan ke penerbit-penerbit yang nerima novel romance itu. Soalnya yang Mas GRS share ini juga berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri ketika nerbitin novel sejak tahun 2005, dan pengalaman kerjanya sebagai editor buku selama 3,5 tahun. Simak apa kata sang editor, yuk! ;)

1) Saya bakal bahas dg bedah 2 film (semuanya Hollywood), soalnya plot film biasanya strukturnya lebih enak buat belajar.

2) Filmnya: Music & Lyrics, dan Notting Hill. Kenapa? Soalnya film itu mewakili 2 plot besar yg biasanya dijadiin pondasi buat nulis romance.

3) Plot pertama, plot klasik: "Boy meets girl, boy loses girl, boy gets girl." Ini dipakai di film Notting Hill.

4) Namanya gitu bukan berarti karakter utama harus cowok. Bisa aja karakter utamanya cewek. Yg jadi fokus adalah tujuan.

5) Setiap mulai nulis, pertama kita bikin karakter utama. Lalu kasih dia masalah. Habis itu, tujuan muncul: nyelesein masalah.

6) Tujuan dlm plot model ini simpel: mendapatkan hati lawan jenis. Di Notting Hill, Will berjuang ngedapetin cinta Anna Scott.

7) Kebanyakan pemula masih belum ngerti bahwa karakter utama harus punya tujuan yg jelas. Tujuan sering disebut Story Goal.

8) Banyak yg sulit bikin ending. Biasanya krn tujuan karakter utama gak jelas atau terlalu absurd spt "menciptakan kedamaian."

9) Kedamaian seperti apa? Harus spesifik. Pembaca harus bisa mengira-ngira, spt apa kemungkinan endingnya.

10) Kalau tujuan utama sudah spesifik, kemungkinan endingnya cuma 2: karakter utama BERHASIL atau GAGAL mencapai tujuannya.

11) Ada jg ending yg kombinasi keberhasilan & kegagalan. Di Saving Private Ryan, Capt. Miller tewas setelah nyelametin Ryan.

12) Tujuan gak selalu harus menyelesaikan masalah. Bisa juga tujuan seperti: Adi ingin mendapat rangking pertama di kelas.

13) Ending novel romance seperti apa yg disukai penerbit? Jelas, happy ending. Bukan cuma penerbit, kebanyakan pembaca juga.

14) Ibaratnya, nonton tim bola kesayangan. Lo pasti pengen tim kesayangan lo menang kan? Gimana perasaan lo kalo tim lo kalah?

15) Sekali lagi, ini umumnya. Ada jg sih cerita yg sad ending dan laku. Tapi persentasenya masih lebih banyak yg happy ending.

16) Buat yg mau tau plot "Boy meets girl, boy loses girl, boy gets girl" sila tonton film pendek ini -> http://t.co/bey5rywVE5
 
 
17) Skrg kita bahas plot kedua, plot yg saya suka. Plot ini saya kasih judul "plot-romance-yg-gak-terlalu-cinta-cintaan." :D

18) Kenapa gak terlalu cinta-cintaan? Karena karakter utama punya masalah yg harus ia selesaikan, dan masalah itu bukan cinta.

19) Di Music and Lyrics, Alex Fletcher harus bikin lagu buat seorang artis ternama, atau kariernya sbg musisi terancam tamat.

20) Alex memang pinter bikin musik, tapi dia ga bisa bikin lirik. Nah, di sinilah sang heroine muncul. Namanya Sophie Fisher.

21) Ujung-ujungnya memang tetep cinta-cintaan, tapi cinta lbh seperti "efek samping" dari pencapaian tujuan si karakter utama.

22) Yg wajib dikuasai penulis romance adalah: bikin Meet Cute yg bagus. Meet Cute adalah saat pertama hero & heroine bertemu.

23) Di Notting Hill, meet cute terjadi ketika Will nabrak Anna, dan orange juice yg ia bawa tumpah di baju Anna.

24) Usahain bikin Meet Cute yg menarik dan gak klise. Caranya? Tonton sebanyak mungkin film, baca sebanyak-banyaknya novel.

25) Plot kedua bakal menarik kalo hero & heroine berlawanan. Contoh: heroine aktivis hewan, hero pemilik sirkus lumba-lumba.

26) Atau bisa juga hero & heroine saling membantu menyelesaikan masalah masing-masing seperti di film Music and Lyrics.

27) Oke.. Hero & Heroine sudah dibuat, Tujuan spesifik sudah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah membuat daftar Rintangan.

28) Ketika nulis novel, lo gak bisa biarin karakter utama meraih tujuan dg mudah. Harus ada rintangan2 yg menghalangi dia.

29) Rintangan ini harus semakin besar dari waktu ke waktu. Semakin besar rintangannya, semakin besar konflik yg muncul.

30) Kalau karakter utama jauh dari masalah, lo sebagai penulis yg bakal kena masalah. Masalahnya: ditinggal tidur pembaca.

31) Kalo hidup karakter utama baik2 saja, pembaca akan merasa tidak baik2 saja (bosan, jengkel). Dan lo gagal sbg penulis.

32) Jadi gimana supaya pembaca baik2 saja (antusias, bahagia)? Bikin karakter utama tidak baik2 saja. Hantam dia dg rintangan.

33) Ending kebanyakan cerita romance gampang ditebak. So what? Kalo mau yg endingnya sulit ditebak, baca cerita detektif.

34) Akhirnya hero & heroine pasti bersatu. Nah, perkara bagaimana mereka bersatu, itulah yg menunjukkan kualitas si penulis.

35) Terakhir, penulis hebat adalah pembaca yg hebat. Terus gimana cara jadi penulis hebat? Jadilah pembaca yg hebat lbh dulu. 
 
Nah, gimana? Cukup membantu, kan? Langsung praktek, ya! :D
 

Tuesday 27 August 2013

Pemenang Mini GA Cinta Harus Memiliki

3 comments
Assalamualaikum... Sudah tanggal 27 ya... sudah waktunya pengumuman pemenang mini giveaway menyambut terbitnya novel Cinta Harus Memiliki :) :)
Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih buat teman-teman yang sudah ikutan. Jawaban kalian keren-keren kok. Sayang, hadiah yang saya punya terbatas. Jadi dengan berat hati saya harus memilih dua orang saja yang berhak mendapatkan @1 mug + ganci. Mereka adalah:
1. Soelsepatoe Soeszhyy Patdhien
2. Roma Alfiana
Lalu, 2 orang yang beruntung mendapatkan @1 notes + ganci, adalah:
1. Sabariah
2. Meliana Levina Prasetyo II

 
Setelah dipikir-pikir, saya kemudian memutuskan untuk menambah hadiah berupa pulsa 5 ribu untuk peserta pertama, Shinta Ar-dinta.

Juga satu buku antologi Motivasi Mini untuk Intan Novriza Kamala Sari sebagai peserta dengan komentar terpanjang. :D


Nah, Selamat buat kalian yang beruntung. Silakan inbox ke Annisa Ramadona untuk konfirmasi alamat dan nomor HP. Buat teman-teman yang belum menang kali ini, jangan kecewa, ya. Insyaallah saya akan buat Giveaway berhadiah Novel Cinta Harus Memiliki setelah saya dikirimi bukti terbitnya nanti. Jadi, jangan nggak ikutan ;)

Wassalamualaikum ^^

Friday 2 August 2013

Mini Giveaway Cinta Harus Memiliki

2 comments
Assalamualaikum, apa kabar?

Senang sekali di awal Agustus ini aku bisa bikin kuis kecil-kecilan sembari menunggu terbitnya novel perdanaku, Cinta Harus Memiliki.

Berhubung novelnya kemungkinan baru akan terbit September nanti, jadi untuk kali ini hadiahnya merchandise dulu, ya. Nanti kalau aku sudah terima bukti terbitnya, baru deh bikin kuis berhadiah novel Cinta Harus Memiliki yang asli :D

Oke, baiklah... ini hadiahnya:



Syaratnya gampang, kok. Simak, ya!
  1. Like & share note ini, lalu tag ke 3 orang temanmu. (Jangan lupa pengaturan share ke-“Public”nya, ya!)
  2. Buat status yang isinya kamu sudah ikutan Mini Giveaway Cinta Harus Memiliki, tandai juga akun Annisa Ramadona. (Cukup satu kali saja selama kuis berlangsung)
  3. Jawab pertanyaan -> “Apa yang kamu lakukan agar orang yang kamu cintai bisa kamu miliki? Alasannya?”
  4. Jawabnya di komentar note ini, ya! Yang jawab di tempat lain, gak dinilai :D
Info tambahan:
  • Deadline: 22 Agustus 2013 pukul 7 malam.
  • Pengumuman pemenang (insyaallah) 27 Agustus 2013, jam disesuaikan.
  • 2 Orang Pemenang hadiah @ 1 mug + 1 ganci dipilih berdasarkan komentar yang paling kece (menurutku, ya... jadi nanti gak pake protes-protesan)
  • 2 Orang Pemenang hadiah @ 1 notes + 1 ganci dipilih berdasarkan sistem undian.
  • Bebas ongkir asalkan alamat Indonesia.
Nah... silakan ikutan, temans.
Wish you luck.
 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal