Wednesday, 18 September 2013

Kenapa Cinta Harus Memiliki? #2

1 comments
Judul awal novel Cinta Harus Memiliki itu sebenarnya Asalkan Kau Ada. Tapi di tengah proses penulisan, aku mendadak pindah haluan. Sempat bimbang, soalnya takut judul Cinta Harus Memiliki ini terasa 'menyeramkan' bagi sebagian orang. Kan ada kalimat Cinta Tidak Harus Memiliki yang terlanjur lebih akrab di telinga kita.

Nah, karena penasaran tentang pendapat orang-orang, lewat kuis via twitter penerbit Medpress, akhirnya terangkumlah jawaban kenapa sih cinta itu harus memiliki? Yuk mari kita simak! :)

  1. EJA!@riezalinda
Karena cinta itu dimiliki oleh dua insan, kedua-duanya harus saling melengkapi dan berjalan beriringan.
Karena cinta masalah dua hati, perempuan dan laki-laki, yang keduanya harus saling mengisi serta melengkapi. 

  1. Miftah Din Alkatiri@DinAlkatiri  
Karena Cinta itu belum lengkap dan aman kalo blm memiliki 'SIM'. Iya SIM = Surat Ijin Memiliki. *eh.. :)
Karena Cinta itu ibarat Tanah.Tanah aja ada sertfikat hak milik biar gak dicuri orang, Begitu jga Cinta.

  1. itha febriyanti@ietthue17  
Yah harus dimilikin donk, masak dibuat pajangan saja? Karena rasanya sakit bila cinta itu dimilikin orang lain *ngga rela* 

  1. Kezia Evi Wiadji@KeziaEviWiadji  
Biar si dia bisa dipeluk, digandeng, dirangkul, dicium. Kalo cuma diliatin doang dari jauh, rasanya nyesek.

  1. Intan Rizva Giannisa@Intanrgna  
Karena setiap orang pun ingin memiliki. Dengan memiliki kita bahagia, dengan memiliki semua berbeda tapi satu.

  1. maria KS@mariakristianiS  
Karena seperti Adam yang tidak pernah merasa sepi lagi saat Tuhan menciptakan Hawa untuknya.
  1. DAYU@dayuledys  
Bukan cinta namanya kalo rela melihat orang yang kita cinta bersama orang lain.
  1. Mrs. Fanny@Fanny_Oktaviana  
Cinta itu anugrah yang dapat membuat bahagia bila memiliki orang yang kita cintai dan mencintai orang yang kita miliki. Karena cinta itu suci dan karunia dari Tuhan yang harus diperjuangkan bukan nafsu yang beralaskan atas nama cinta.
  1. سوفية لستاري@siiupy  
Karna setiap manusia itu punya mimpi, cita-cita, hingga cinta yang ingin dia miliki hingga tutup usia nanti.
Pada dasarnya manusia itu adalah makhluk yang selalu merasa kurang puas. Mungkin karna itu cinta harus memiliki
Karna sudah selayaknya cinta harus memiliki, daripada sekedar rasa ingin yang belum sempat terungkapkan.
Karna ini cerita cinta tentang anak manusia, yang selalu belum merasa sempurna tanpa hidup bersama.
Karna pada hakekatnya cinta tak cukup hanya dengan jiwa, tak lengkap bila tidak memiliki jasadnya.
  1. Ayuni Adesty@ayuniadesty  
Rasa memiliki adalah bagian dari rasa cinta. Dan cinta itu akan semakin besar jika saling memiliki. Kita hanya akan menjadi pengagum rahasia dan menjadi pemuja cinta semu jika tidak bisa memilikinya. Cinta sejati adalah cinta sepasang hati yang saling memiliki. Memiliki sebuah ikatan bernama pernikahan
  1. -Chi Yennesy-@chi_yennesy  
Tuhan sudah mempertemukan kita pada satu buku kehidupan yang di sana tertulis namaku dan namamu. Antara tubuh dan tulang rusuk haruslah menyatu. Karena aku pelengkap tulang rusukmu, maka kamu harus milikiku.
  1. Korban PHP@iwanbaik  
Karena cintalah yang membuatku yakin bahwa kamu kan ku miliki untuk menyempurnakan hati ini
Kalo mindset kamu slalu "cinta tak harus memiliki" kapan kamu akan dapat cinta yang sejati, keburu tua -__-a
  1. Yuni@YuniAmidong  
Cinta tak saling memiliki, ibarat hany bisa mnyentuh kulit durian, mencium aromanya, tapi tak dapat menikmatinya. Sakit!
  1. Manda Rizki Utami@Mie_a_Mie  
Karena bersama tumbuhnya rasa cinta, tumbuh pula rasa posesif. Layaknya rumput liar di sekitar bunga.
  1. mury craft@MuryCraft  
Karena cinta itu mengalir seperti air, sehingga cinta harus memiliki muara. Karena cinta tanpa kamu itu seperti gelas yang kosong. Karena aku ingin mengusahakan keajaiban dengan memiliki.
  1. Aul Rahma@Aul1607  
Jika cinta tidak harus saling memiliki, bagaimana kita akan terus saling mencintai? Aku ingin memilikimu, supaya bisa menikmati pendar-pendar bahagia di raut wajahmu. Tetaplah di sini bersamaku, karena masih ada halaman kosong untuk kisah kita di hatiku :)  
  1. mia hariyati@mia_hariyati  
Karena dengan memiliki kita bisa saling berbagi jiwa dan raga kalo gak memiliki, bukan cinta namanya makan hati
  1. Sandita Drew S.@Sandita143  
Karena, "Cinta harus memiliki" itu adalah pendapat dari orang-orang yang berkomitmen terhadap keputusannya. Karena itulah pria yang sigap dan serius. Baru disebut "mature" tidak miskin komitmen, tidak plinplan! Karena itu harapan stiap orang yang benar-benar serius. Memiliki seutuhnya lahir dan batin, dan bukan untuk dipermainkan
  1. Nala Komalasari@Nala_Hastia  
Karena adanya rasa sayang yang tumbuh diantara dua hati
  1. Thires La Tahzan@Thires_SKA  
Karna cintaku tak akan sempurna tanpa memilikimu seutuhnya
  1. Lisha(•̃͡-̮•̃͡)@imel_Mygeisha  
Karena itulah hidup, kita harus memiliki cinta untuk orangtua, sahabat, pacar, calon suami terlebih kepada Tuhan :)
Karena cinta tanpa memiliki akan terasa hambar. Sama kayak makan sayur asem terasa hambar tanpa garem :D
Cinta harus memiliki? Iya harus dong , biar kita bisa menikah dan hidup bahagia :D
  1. Felicia@FeliciaHuang_  
Karena cinta tanpa memiliki adalah cinta nafsu. Cinta sejati berkorban untuk memiliki!
Karena cinta butuh perjuangan & pengorbanan besar. Cuma orang pengecut yang bilang cinta tak harus memilik.
Karena buat apa capek2 mencintai orang kalo kita ga bisa memiliki dia, ibarat makan ga pake minum. Nyeseek!
  1. febrina situmorang@cleo_febie  
Karena kalau gak dimiliki bakal nyesekisasi :)
  1. nezagnezh@nezagnezh  
Harus memiliki karena cinta punya name tag a.k.a surat nikah.
  1. Dwi Agus Setiawan@tian1910  
Cinta harus memiliki, karena dengan memiliki kita akan semakin berusaha membahagiakan yang dicintai :)
Cinta harus memiliki, karena cinta ingin menjaga sepenuh hati apa yang dimiliki :) 
Cinta harus memiliki, karena perjuangan untuk bisa memiliki adalah bukti cinta dari hati :)
  1. Zainiati Zk@zainiati  
Cinta itu mensatukan dua hati yang dulunya terpecah dan bersatu karena sesatu
Karena cinta terlahir dari dua hati yang harus di satukan agar ia tak lemah sendirian
  1. Laura Savira@laura_savira  
Cinta harus memiliki, karena jangan sampai esok ada penyesalan & kita berkata 'seandainya aku memilikinya. Cinta Harus Memiliki, karena dengan itulah wujud pembuktian cinta, memilikinya sepenuh hati. Karena setelah memilikinya menjadi sebuah janji kita akan terus merawat & menjaganya.
  1. Rita Huang@ClevaLizzy  
Karena cinta masalah hati. Seseorang pernah bilang hiduplah dengan orang kau pikir tidak bisa hidup dengannya. Tapi jangan hidup dengan orang kau pikir kau bisa hidup dengannya. Memang mudah, tapi hati yang menentukan.  Karena cinta tanpa memiliki akan membuatmu tidak bisa hidup dengan benar.
  1. trias wahyu@triaswahyu1  
Harus atau tidak harus punya semangat yang sama, pengen liat si doi bahagia, tapi dengan memiliki, dia akan bahagia bersama kita.
Layaknya cinta tanah air, kita harus merasa memiliki, karena dengan begitu kita akan berusha menjaga dan tentu saja cinta.
Karena dengan memiliki, cinta bukan sekedar nafsu, tapi darinya lahir hak & tanggung jawab.
  1. Ria M Fasha@chikarein  
I just believed cinta & sayang itu kuncinya satu: SALING, cinta bakal sempurna kalau saling mencintai.
Buat apa sayang kalo gak saling menyayangi, kalo gak "saling" saya rasa kosa kata"cinta" itu gak bakal jadi.
Karena cinta tanpa memiliki tak ada artinya. Ia seperti harapan kosong yang tak tercapai.
  1. Hanifah Putri@hanifahae  
Karena memiliki adalah titik awal dari cinta yang sesungguhnya.
  1. Novia Wahyu Pribadi@Novia_One  
Karena cinta hidup pada mereka yang percaya akan kesetiaan.
  1. Chandra Wulan@Chandra_Wulan11  
Karena bersamamu tak ada duka dan tak ada yang tak bisa, kata-katanya mbak Dona, tapi gue bangettt :p
  1. Waiting For ♥Yeteuk♥@SheRakhmi  
Karena cinta itu memiliki, maka setiap cinta akan datang dengan sendirinya pada perlabuhan cintanya.
Karena tuhan telah mentakdirkan kita untuk memiliki cinta. Cinta yang akan membuat hari-hari kita berwarna
Karena cinta itu telah diciptakan untuk saling berpasangan. Juga untuk melengkapi satu sama lainnya :)
  1. Dee Putu@DeeLaluna  
"Karena kita sama-sama saling mencintai & ingin hidup bersama, bahagia selamanya sampai ajal memisahkan kita"
  1. JDyoung@JDeiz  
Cinta sejati harus saling memiliki, saling mengisi untuk kebahagian bersama. karena cinta itu suci anugrah dari Tuhan
Ungkapan Cinta tak harus memiliki menandakan penghianatan, hanya sebatas nasfu & ksenangan tanpa mau berkorban
Cinta harus saling memiliki agar cinta itu dapat dirawat, berkembang, selalu bersemi di hati & harus diperjuangkan
  1. Meliana Prasetyo@milnalev  
Karena dia memiliki kriteria seperti yang saya idamkan selama ini, jadi saya ingin berbahagia dengannya. Karena saya ingin agar kelangsungan hidup saya terjamin saat kedua orang tua saya sudah tidak ada lagi. Dia bisa melakukan yang terbaik untuk saya yang orang lain tak dapat lakukan dan mau terima apa adanya.
  1. Intan Novriza K.S@Inokari_  
Ketika saya memiliki orang yang saya cintai, saya mempunyai kesempatan besar untuk membahagiakannya. Saya tentu mempunyai kesempatan lebih untuk mengukir senyum di wajahnya. Daripada saya hanya pasrah membiarkan dia menikmati hari bersama yang lain, tanpa berbuat apa-apa :)
  1. Virga Gumilar™@vhierghoe  
Cinta hrs memiliki, karena kalo tidak memiliki itu sama saja dengan Akta tanah yang tak bertuan / rumah hantu.
  1. Feb@fbriantipratiwi  
Karena cinta yang tak saling memiliki hanya ungkapan orang-orang yang kalah sebelum mulai angkat senjata.
Bukan cinta namanya kalau tak saling memiliki, seperti bukan cinta jika tak menguasai hati.
Cinta harus memiliki karna kita sudah dianugerahi perasaan itu, jadi kita punya hak yang sama untuk memperjuangkannya.
  1. Alvian♥Jihan♥Amira@jihaan_  
Soalnya kalo ga memiliki itu ga cinta :D kyk kebo depan rumah,dia kayaknya cinta aku, tiep hari diliatin, tapi saying banget ngliat orang yang kita cintai sama orang lain. Munafik kata-kata "gue bahagia kalo lo bahagia" sama kayak kebo tadi.
  1. nataliasagala@naataliasagala  
Karena cinta seperti balon yang tak bisa terbang tanpa terhembus oleh angin. Sehingga harus saling memiliki.
Karena tuhan menciptakan manusia untuk hidup bersama seperti dalam cinta kepada pasangan/keluarga/teman.
Karena jika hanya memiliki harta & paras yang luar biasa tapi tanpa cinta, maka semua itu tak ada artinya.
  1. Safitri@safitriariyanti  
Dan tidak dipungkiri, setiap yang mencintai selalu ada hasrat untuk mmiliki agar mempnyai hak untuk melindungi :D
Dan setiap cinta tidak hanya berkomitmen tetapi juga membutuhkan kepastian status
Karena tanpa memiliki, cinta itu seperti sayur tanpa garam, alias terasa hambar.
  1. ShintaDinta @Shinta_Ardinta  
Karena falling in love itu artinya "jatuh cinta", jadi aku nggak mau falling aja tanpa in love *sakit :D
Karena cuma sama cinta aku akan bisa hidup dengan tentram & damai, enggak bareng dendam ataupun iri :D
Karena cuma dengan memiliki cinta, aku akan bisa nebus ijab sah *pamerin buku nikah :D
  1. Ana Rosdiana@AnaSagitas  
Sehingga tercipta keinginan tuk melindungi dengan cara memilikinya :D
Karena Cinta itu tumbuh dari keinginan tuk saling memiliki dan diiringi dengan pengorbanan besar yang tulus.
  1. Ainun Nufus@nufus_  
Karena cinta itu anugrah dari Tuhan, tidak setiap orang bisa merasakan jadi harus diperjuangkan dan sebisa mungkin harus dimiliki agar hati berseri-seri atas anugerahnya.
  1. Ririn Okta Permata S@RirinOPS  
Cinta itu wajib--kudu!--memiliki. Karena kalo nggak, mubazir. Bisa jadi biang galau pula.
  1. Hani Daha Barat@Hanny_azlea  
Karena cinta membutuhkan fakta, dimiliki atau tidak, cinta butuh balas, dengan perhatian & kasih sayang, akan jadi cinta sejati
Kalo cinta tidak memiliki apalah artinya sebuah pengorbanan, kalo cinta bertepuk sebelah tangan akan sakit.
  1. O-nahSisasi@onahmarkona  
Karena cinta tanpa memiliki itu cuma bisa jadi sarang penyakit (galau). Karna mencinta itu punya tujuan, untuk bisa saling melengkapi, merangkai harapan dan impian bersama.
  1. Annisa Dian Savitri@Niesadian  
Dengan memiliki kita bisa menunjukkan perasaan kita pada pasangan karna cinta itu adalah wujud kepedulian
Kalo beneran cinta harus berani usaha dapetin, karena cinta itu nyata antar manusia bukannya fana/seorang.

Begitulah kira-kira pendapat sebagian orang yang pemikirannya kurang lebih sama denganku. Tapi, kalo kita masih beda pendapat tentang harus dan gak harus ini, ya gak masalah kok. Yang terpenting itu kamu wajib baca Cinta Harus Memiliki kalo nanti sudah beredar di toko buku, ya! :D

Cover Novel Cinta Harus Memiliki
Tenang, cerita di novel ini fiksi, bukan kisah nyataku, kok! ;)

Tuesday, 17 September 2013

Kenapa Cinta Harus Memiliki? #1

0 comments
Cinta tidak harus memiliki! Kalau ada kata harus, itu artinya pemaksaan dan sesuatu yang dipaksakan itu tak baik! Kalau memang cinta, seharusnya kita rela melihat dia bahagia meskipun tak bersama kita!

Kira-kira begitulah respon sebagian orang ketika awal-awal kuposting cover novel Cinta Harus Memiliki. Memang, pertama kali tercetus judul ini, aku juga sudah memprediksi bahwa akan ada orang-orang yang tak sepemikiran. Selama ini, kalimat "Cinta tak harus memiliki" rasanya lebih populer dan mudah diterima. Dan aku pun sempat berpikir begitu.

Dulu, aku pernah menjalin hubungan dengan seseorang. Usia kami terpaut jauh. Ketika aku masih SMA, (katanya) dia didesak untuk menikah. Awalnya kupikir aku benar-benar cinta mati padanya. Awalnya kupikir, aku tak akan bisa hidup tanpa dia. Awalnya kupikir menjalani hidup dengan dia yang memperistri perempuan -yang bukan aku- itu akan susah. Tapi itu awalnya...

Hari-hari yang kulalui setelah pernikahannya memang hari-hari kelabu. Hanya saja, dengan dalih Cinta Tidak Harus Memiliki, kukatakan bahwa aku akan bahagia asalkan dia bahagia. Dan aku mencoba berbahagia dengan pemikiran sesederhana itu saja.

Tapi diam-diam, tiap malam aku masih terus menangisi keadaan dan mempertanyakan kenapa Tuhan mempertemukan kami jika kemudian harus dipisahkan?

Aku menutup pintu hati untuk cinta lain yang menghampiri. Kubiarkan diriku larut dalam kesendirian dan menikmati kesedihan berkepanjangan.

Ya, kenyataannya memang aku tidak pernah bahagia melihat kebahagiaannya. Selalu ada rasa sakit tiap kali kulihat ia bersama perempuan itu -bukan bersamaku- padahal, dia bilang yang ia cinta adalah aku!

Lalu, aku mencoba jujur pada diri sendiri. Kucoba untuk melihat hatiku yang terdalam. Hati yang sudah kami lukai dengan mengatasnamakan Cinta Tak Harus Memiliki.

Kulihat, ada tanda tanya di sana. Aku mempertanyakan cintanya-cinta kami. Jika benar ia mencintaiku dan aku mencintainya, kenapa kami tak saling berjuang untuk bisa bersama? Kenpa ia kemudian menikahi perempuan lain dan aku dengan begitu saja merelakannya? Apa itu yang dinamakan cinta? Bisa saja sebenarnya kami tidak benar-benar saling mencintai kan?

Akhirnya aku mencoba membuka mata. Aku mencoba membuka hati. Aku mencoba berhenti menangisi kisah kasih tak sampai kami.

Akhirnya, kucoba untuk mematikan perasaan yang tadinya kusebut cinta itu. Kuperbaiki hidupku dengan menikmati hari-hari yang sebenarnya indah jika tidak kulalui dengan meratapi dia yang tengah berbahagia dengan kehidupannya.

Akhirnya, aku mencoba mengisi kembali jiwa dan hati dengan cinta baru yang kemudian kuyakini memang Tuhan kirimkan sebagai jodohku. Kini, aku menemukan cinta yang asli. Yang sudah sepantasnya kumiliki.

Dulu...
sebelum takdir menjalin kau dan aku,
kita merasa samar-samar, tak tentu.

Kini...
setelah cinta merengkuh,
bersama-sama kita menjadi utuh.

Monday, 16 September 2013

Mendadak ke MONPERA

0 comments

Sebagai warga Palembang yang lahir, dibesarkan, dan menetap di sini, ternyata saya belum pernah masuk ke MONPERA a.k.a Monumen Perjuangan Rakyat. Padahal tempat ini ada di pusat kota yang sering banget dilewati. Tepatnya di depan Masjid Agung, di samping Jembatan Ampera.

Dan entah kenapa, waktu lewat sana kemarin, saya dan Bang Dian mendadak pengen ngintip isi monumen itu.

Sebelum masuk, saya harus mengeluarkan uang dua ribu rupiah berdua. Katanya uang itu untuk perawatan dan penjagaan monumen. Nah, kalau ingin berkeliling di dalam, maka dikenakan biaya lima ribu rupiah per orang. Mbak petugasnya lumayan ramah sih, jadi gak keberatan juga meski harus ngeluarin uang segitu cuma buat muterin monumen yang ternyata sedang renovasi itu. :D



Karena sedang renovasi, jadinya cuma bisa keliling sampai lantai empat. Pengunjungnya cuma enam orang termasuk saya dan Bang Dian. Bisa foto-foto sepuasnya deh. Serunya lagi, saya jadi tahu wajah-wajah pejuang itu gimana. Selama ini cuma denger namanya yang dijadiin nama jalanan doang :D :D

Thursday, 5 September 2013

Kuis Cinta Harus Memiliki @MedpressFiksi

2 comments
Yuk ikutan KUIS melalui Twitter Penerbit Media Pressindo! :) :)
 
Time is quiz!

Sembari menunggu terbitnya , penulisnya mau bagi-bagi suvenir cantik lho!

Ini dia nih, ada 1 mug dan 1 ganci untuk 2 orang pemenang yang beruntung. Lucu kan? Tertarik?

Caranya gampang aja. Cekidot!

First of all, follow dulu dan . Kalo gak follow, sori mayori gak mince itung lho ya :))  

Kedua, jawab pertanyaan: Kenapa sih cinta harus memiliki?  

Ketiga, format jawaban: (spasi) jawaban kamu (spasi)  

Keempat, please don't use twitlonger, etc. Reply biasa aja, maksimal 3 tweet.  

Kelima, bikin jawaban sekreatif mungkin, unik, dan gak terpikirkan orang lain, hehehe.  

Keenam, ini dibuka mulai hari ini s.d 15 Sept 2013 pkl 23.59 WIB.

Tunggu apa lagi? Belum punya bukunya, minimal punya suvenir cantiknya dululah yauw~  

Oya, cek blurb-nya   di sini ya ---> . Duh, covernya cakep banget euy!

Untuk lebih jelasnya, langsung ke akun Twitter @MedpressFiksi aja deh... buruaaan! :D

Tadinya kau bagiku adalah udara, ada namun tak terlihat. Tak sedikit pun ulahmu yang aneh itu menarik perhatianku. Termasuk ketika dengan bodohnya diam-diam kau gores nama kita di Pohon Cinta. Sejak saat itu takdir seperti mencatat kau dan aku dalam sebuah kutukan indah bernama cinta.

Lama-kelamaan, kau kian menjelma serupa udara yang sebenar-benarnya. Tanpa menghirup kesejukanmu, aku tak akan bertahan hidup walau sedetik saja. Tanpa kamu, aku hanyalah kulit dan tulang tak bernyawa.

Sebagian orang ditakdirkan untuk memiliki apa yang dia cintai. Tapi sebagian lainnya ditakdirkan untuk mencintai apa yang ia miliki. Harus kuakui, memiliki cintamu adalah kutukan terindah yang teramat berarti di hidupku.
 
Penulis: Annisa Ramadona

Penyunting: Gari Rakai Sambu

Penerbit: Media Pressindo

ISBN: 978-979-911-329-0
 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal