Tuesday, 16 July 2013

Notes Proses Kreatif Menulis

Huaaah... sudah lama gak corat-coret blog. Bingung mau nulis apa. Kalo online juga paling-paling buka email bentar, buka blog liat statistik, ngintipin twitter penerbit, terus promo novel Cinta Harus Memiliki di facebook. Bawaannya malesss... Ya, mungkin karna masih belum terbiasa sama pola puasa. Tiap hari perut kondisinya labil. Banyak gerak dikit, langsung eneg. Padahal target pas puasa ini banyak banget.

Nah, itung-itung mancing keinginan nulis, jadinya aku paksain posting sesuatu di sini. Aku mau kasih liat notes kreatif punyaku. Hmm... ini semacam diary menulisku gitu. Dari dulu aku memang hobi bikin catatan harian. Jadi, waktu awal tahun lalu  liat Mbak Ayu Utami nerbitin notes kreatif ini, aku langsung beli.



Notes Kreatif Ayu Utami
Notes Kreatifku :)
Ada tips menulis bergambar dari  Mbak Ayu

Di halaman awal dan akhir notes ini ada tips menulis dari Mbak Ayu Utami, pake ilustrasi lucu pula. Jadi gampang ngerti dan gak bosenin. Nah, halaman selebihnya kosong. Jadi, kupake buat corat-coret.

Sejak beli, notes ini selalu kubawa-bawa. Isinya full tentang proses nulis. Mulai dari inspirasi yang kadang muncul tiba-tiba, plot yang kususun setelah ada waktu, tanggalan yang bisa kutulisi, bahan tulisan, info penerbit, sampai daftar naskah. Dengan cara ini rasanya lebih terorganisir. Aku juga gak perlu online dulu kalo mau intip persyaratan penerbit A B atau C. Kan kalo online suka kebablasan. Hehe...

Email naskah di ACC biar semangat terus nulisnya :)

Info kirim naskah biar gak online kalo lagi serius :P

Tanggalan dan corat-coret plot

Tanggalan ini mulai dari start nulis sampe acc

Cara ini efektif juga loh buat nampung ide. Jadi, kalo si ide muncul di waktu dan tempat yang gak tepat, langsung kukurung di notes ini biar gak kabur. Soalnya aku pernah baca status penerbit (lupa penerbit mana) katanya, ide itu akan menguap dan hilang saat kita menunda untuk menuliskannya.

Jadi, boleh lah kalo kamu mau coba bikin corat-coret gini juga :D

2 comments on "Notes Proses Kreatif Menulis"

Lilih Prilian Ari Pranowo on 22 August 2013 at 21:10 said...

Wuih cakep banget nih... kayaknya, saya kebanyakan online jadi nggak jadi-jadi nulisnya

Annisa Ramadona on 29 August 2013 at 07:50 said...

maka itu notes ini jitu banget :D

Post a Comment

 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal