Monday 2 April 2012

Moon Geun Young

ini idolaku, mana idolamu?

pertama kali kepincut gadis berwajah imut ini lewat drama korea autumn tale (endless love). akting nangisnya bikin aku ikut mewek selama satu minggu tayang perdananya di indosiar. bisa dibilang itu adalah awal masuk dan populernya drama korea di indonesia. sampe sekarang aku masih hapal sountracknya, masih pake romance larghetto from guitar concerto-nya buat ringtone, masih simpen dvd-nya buat ditonton waktu lagi kangen ^^

wajah moon kemudian tergantikan dengan masuknya aktris-aktor baru korea, taiwan, dan jepang seiring makin populernya drama asia di indonesia.

aku kembali menemukan moon ketika berburu dvd buat mengusir penat lewat drama asia, entah kenapa mataku tertarik dengan cover cinderella's sister. waktu pertama kali nonton, aku sama sekali belum ngeh kalau moon adalah eunjo, sosok antagonis yang misterius. ia adalah saudara tiri cinderella. meskipun bisa dibilang ceritanya tentang cinderella, tapi drama satu ini menyajikan sisi yang berbeda dari karakter cinderella dan saudara tirinya. kisah ini langsung mendapat nilai plus plus di hatiku.

karena sangat terkesan dengan tokoh eunjo, akhirnya aku browsing. terkejut bercampur salut. itulah yang aku rasakan ketika menemukan nama moon disebuah blog yang membahas tuntas tentang cinderella's sister.

dari sanalah, karir moon menanjak lagi dihatiku ^^

aku mulai berburu moon, dari info terbaru, hingga info lama yang sudah aku lewatkan. film dan drama moon kucatat sebagai referensi film yang akan kucari dvd-nya untuk mengisi waktu yang tak pernah senggang :)

sulit mendapatkan film dan drama yang sudah jauh terlewatkan. aku bolak-balik keluar-masuk toko kaset tiap kali ada kesempatan. sampai akhirnya dapet marry me marry. moon berubah karakter lagi. dari yang super dingin, menjadi super ceria dan menggemaskan. drama yang mengisahkan tentang marry si gadis tegar yang menjalin pernikahan kontrak ini makin membuat moon bersinar di mataku. apalagi moon terlihat serasi dengan jang geun suk (sukkie). mereka sampe dijuluki geun-geun couple.

habis mewek dan ngakak bersama marry me marry, aku berburu lagi. the painter of the wind akhirnya berhasil kutemukan diantara dvd-dvd sageuk. libur lebaran kuisi dengan melahap habis drama satu ini. menurutku, drama ini keren abis. moon menjadi laki-laki sekaligus perempuan. ia memerankan tokoh shin yoon bok. shin yoon bok adalah pelukis berbakat yang menyamar menjadi seorang laki-laki. untuk mencari pembunuh ayahnya dan ia bertemu guru pelukis yang menuntunnya menjadi pelukis hebat. terus terang, dari sekian banyak drama dan film yang tokoh utamanya perempuan disulap jadi laki-laki, moon nomor satu yang persis laki. dari beberapa review yang aku baca, banyak penonton yang belum kenal moon sempat mikir kalo shin yoon bok emang laki-laki tulen. hehe… drama ini termasuk yang paling aku suka dari drama-dramanya moon.

setelah melahap 20 episode the painter of the wind dalam dua hari, aku mencari moon yang lain lagi. lumayan lama akhirnya aku tidak sengaja mendapatkan “innocent steps” dan “my little bride”.

dalam film innocent steps moon berperan sebagai jang chae rin, seorang gadis cina korea (yangbian) yang datang menggantikan sang kakak sebagai partner dansa na young sae (park geon hyeong). demi mendalami perannya, geun young pun rela untuk belajar menari. jadi tidak heran kalo film ini terpilih untuk dipertontonkan dalam cannes international film festival ke-58. makin salut deh sama moon ^^

dalam film my little bride bersama kim rae won, moon berperan sebagai seo bo eun, seorang pengantin remaja yang masih duduk di bangku sekolah yang terpaksa menikah karena wasiat sang kakek. my little bride sendiri merupakan film terlaris kedua di tahun 2004. gara-gara film ini juga moon pun akhirnya mendapat predikat sebagai "national little sister" atau adik kecil korea. imut-imut abis soalnya =D

dan film terakhir yang berhasil aku dapatkan di toko kaset adalah film love me not. love me not diangkat dari drama jepang ai nante iranee yo, natsu. di film ini moon berperan sebagai seorang gadis buta bernama ryu min yg pada akhirnya jatuh cinta dengan 'kakak'-nya julian. jujur, meski sedih filmnya, tapi akting moon sendiri makin mateng saja.

dari satu film ke film lain, dari drama yang ini ke drama yang itu, moon selalu menunjukkan peningkatan lewat karakter yang berbeda-beda. berbangga hatilah aku yang menemukannya lebih dulu dari teman-teman kampusku. hihihi…

moon geun young lahir di gwangju, 6 mei 1987 (beda satu tahun satu hari denganku ^^). sedari kecil, moon emang udah bercita-cita menjadi seorang artis. hal ini dimulai ketika ia duduk di kelas 3 SD dengan bermain dalam pentas drama "snow white and the seven dwarfs" sebagai kurcaci ke-empat. hehehe, jadi pengen liat moon. pasti lucu banget.

setelah itu moon meminta sang ibu untuk memasukkannya ke sekolah akting. sayang, ibunya sangat menentang keras keinginan itu. tapi moon tidak mau nyerah begitu saja dan akhirnya sang ibu memutuskan kalo seandainya kim dae jung yang pada saat itu merupakan calon presiden korea selatan dan menempati urutan terbawah dalam polling jajak pendapat menang menjadi presiden maka dia akan menyetujui permintaan putrinya itu. mungkin ibunya moon mikir kalo kim dae jung pasti kalah dan moon tidak akan masuk sekolah akting. lalu mukjizat pun terjadi, pada menit-menit terakhir pemilihan kim dae jung dinyatakan menang dan berhasil menjadi presiden korea selatan! gila, kayaknya moon bener-bener diberkahi. akhirnya si ibu mendaftarkan putrinya itu ke sekolah akting.

selain akting, moon juga kebanjiran job untuk membintangi berbagai cf. mulai dari produk makanan, kosmetik, ponsel dll. terakhir geun young bersama won bin didaulat sebagai model basic house 2011. moon emang salah satu artis korea yang serba bisa. di usianya yang terbilang masih muda, moon udah meraih penghargaan tertinggi di jagat dunia hiburan korea.

sebagai seorang artis, moon juga sangat aktif dalam bidang kemanusiaan. sang ibu mengajarkannya agar selalu menyisihkan sebagian penghasilan untuk beramal dan membantu orang-orang yang kurang mampu. seperti mendirikan perpustakaan han geul di sidney, membantu anak-anak kurang mampu di haenam yang dekat dengan tempat tinggalnya gwangju, menjadi donatur untuk community chest of korea, dsb. wuah, bener-bener dermawan abis. pantes aja moon dapet julukkan 'angel'.

nah, sekian dulu cerita kita tentang moon geun young-ku tersayang. Sampai jumpa dengan ulasan berikutnya =D

Gamsahamnida!



endless love: moon yang pinter nangis ^^

cinderella's sister: moon yang super cool (aku mulai ikut gayanya, makin suka warna hitam, biru n warna2 gelap, suka pake blazer, cardigan dll) hehe..

marry me marry: moon yang ceria (hidup ini indah, walau tak mudah, begitulah kira-kira ^^)

the painter of the wind: moon yang unik :D mukanya lucu-lucu di drama ini, kisahnya seru!

my little bride: moon yang comel sampe2 dijuluki "adik kecil korea"

innocent steps: moon yang pinter nari

love me not: moon yang buta
 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal