Thursday 29 November 2012

TEKNIK PACKING


Menyusun perlengkapan dan perbekalan dalam Carriel atau ransel haruslah tepat, tidak sembarangan karena akan mempengaruhi keseimbangan beban. Kita harus bisa menata berat beban pada tubuh sedemikian rupa sehingga kaki dapat bekerja secara efisien. Untuk itu kita harus mengetahui teknik menyusun (Packing) peralatan dan perbekalan kedalam Carriel.
Dalam batas-batas tertentu, rangka yang dimiliki oleh ransel banyak memberikan kenyamanan. Rangka ini membuat posisi tubuh lebih menyenangkan saat menggendong beban. Namun bagaimanapun juga desain ransel yang dimiliki akan tidak berarti jika kita tidak mampu menyusun barang-barang itu dengan baik.
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan barang adalah :
  1. Masukkan matras kedalam Carriel sebagai rangka tambahan.
  2. Tempatkan barang-barang yang lebih ringan dibawah, misalnya Sleeping Bag dan pakaian pengganti.
  3. Barang-barang yang lebih berat diletakkan di sebelah atas dan sedekat mungkin dengan tubuh, misalnya tenda, nesting yang telah diisi beras, susu, kornet, sarden.
  4. Makanan instant bisa disisipkan sebagai penyeimbang.
  5. Letakkan barang-barang yang sewaktu-waktu digunakan pada bagian paling atas atau pada kantong-kantong luar ransel, misalnya ponco atau rain coat, obat-obatan, kamera dan lain-lain.
  6. Kelompokkan barang-barang dan masukkan ke dalam kantong plastic yang tidak tembus air, terutama sleeping bag, pakaian ganti, atau buku catatan yang dianggap penting.
Sekali lagi, buatlah checklist dari semua perlengkapan. Bila perlu dengan beratnya agar dapat mudah menyusunnya.
Sebaiknya kita mempacking barang sebatas maximum isi ransel, jangan terlalu memaksakan diri. Ingat dan kenalilah daya tahan serta kemampuan kita dalam membawa ransel, jangan sampai melewati batas kemampuan sehingga akan merepotkan diri sendiri maupun team. Lebih baik beban yang akan dibawa dibagi secara merata sesuai dengan Carriel yang dibawa pada waktu pendakian.

(MATERI DIKSAR PPA. WAHANA WIRABHUMI)

0 comments on "TEKNIK PACKING"

Post a Comment

 

Annisa Ramadona :) Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal